5 Tips Traveling Saat Puasa Ramadhan



Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah. Di bulan ini umat Muslim seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah shaum atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah puasa. Tentunya saat puasa kita yang menjalankan tidak boleh makan dan minum di siang hari. Tetapi itu tidak menjadikan alasan untuk mengurangi apalagi meniadakan aktivitas sama sekali. Terutama untuk sobat INVI yang gemar traveling saat akhir pekan, bulan puasa bukanlah hambatan untuk kamu menjalankan hobi berkeliling ke tempat-tempat yang baru. Namun perlu diingat, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar traveling dan tentunya ibadah puasa kamu tetap lancer hingga memasuki waktu iftar.

Berikut ini adalah 5 tips yang penulis rangkum dari berbagai sumber dan tentunya bisa kamu jalankan saat traveling di bulan puasa.

1.    Siapkan niat yang kuat.
Niat adalah awal dari segala-galanya. Dengan niat yang kuat bahwa kamu tetap akan menjalankan ibadah puasa meski dalam keadaan bepergian, maka mindset  yang terbentuk menjadi demikian meskipun dalam perjalanan kamu merasa haus dan lapar.
    
2.    Pilih makanan sahur yang tepat.
Sahur adalah kunci dari ibadah puasa yang lancar. Mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur bisa membuat rasa lapar sedikit berkurang. Pilih makanan kaya nutrisi dan serat yang proses penyerapannya sedikit lambat sehingga bisa menunda rasa lapar dan juga haus. Alpukat dan oatmeal adalah makanan baik untuk sahur selain tentunya nasi. Jangan lupa untuk menjauhi minuman berkafein seperi teh dan kopi. Perbanyak minum air putih ya sobat agar badan tidak gampang lemas.

3.    Tentukan destinasi wisata religi.
Selain persiapan niat dan makanan saat sahur, destinasi juga sangat berpengaruh untuk kamu yang berniat untuk traveling saat bulan puasa. Pilih destinasi wisata yang selain indah, unik dan menarik, juga yang pasti mendukung ibadah puasamu. Misalnya dengan mengunjungi wisata religi seperti Masjid Baiturrahman di Banda Aceh. Suasana destinasi religi yang tentunya Islami pasti sangat mendukung ibadah puasa yang kamu jalani sobat. Tidak ada salahnya sekali-sekali kita mengunjungi lokasi wisata yang sarat akan nilai-nilai keagamaan yang tinggi. Selain menambah pengalaman baru, tentu saja akan meningkatkan kualitas keimanan kita kepada Allah SWT.

4.    Kunjungi destinasi yang sejuk.
Ada satu lagi destinasi yang bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang suka traveling walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Cobalah kamu mengunjungi destinasi wisata yang alam dan udaranya sejuk. Misalnya pegunungungan. Dataran tinggi Dieng yang terkenal karena udaranya yang dingin bisa kamu jadikan tujuan. Akan lebih mudah menahan haus dan lapar ditengah udara sejuk perbukitan dibandingkan kamu harus berkeliling kota yang udara yang panas. Bisa-bisa kamu malah kena dehidrasi lho sobat.

5.    Bawa makanan kecil untuk berbuka.
 Yang paling ditunggu-tunggu saat kita berpuasa adalah adzan Magrib pertanda iftar atau berbuka. Traveling mungkin membuat kamu menjadi sibuk mengagumi keindahan alam atau bangunan dalam suatu kota sehingga tidak menyadari waktu berbuka tinggal sedikit lagi. Beberapa tempat seperti pegunungan mungkin tidak terdapat penjual makanan kecil / ta’jil untuk berbuka. Maka ada baiknya jika kamu selalu membawa makanan kecil atau beberapa buah kurma dan juga air di dalam tas untuk sekedar membatalkan puasa. Setelah itu barulah mencari masjid untuk menunaikan Sholat Maghrib dan bisa dilanjutkan dengan makan malam.


Sekian tips yang bisa admin bagi untuk sobat INVI yang berniat tetap traveling saat bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan menjadikan aktivitas serta ibadah puasa kita lancar sampai hari kemenangan tiba.


Penulis         : Reza Armando
Sumber foto : Google image


Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment