Mengenal Danau Toba. Danau Terluas Kedua di Dunia


Sobat INVI, kamu tahu tidak kalau ada danau di Indonesia yang ukuran nya nyaris sebesar wilayah Negara Singapura?? Iya benar Negara Singapura yang jadi pusat shoping warga Negara Indonesia itu lho. Kamu mungkin tidak percaya, tapi kenyataannya memang danau yang satu ini benar-benar memiliki luas yang luar biasa. Terbesar di Asia Tenggara dan terluas kedua di dunia setelah danau Victoria di Afrika. Nama danau yang luar biasa itu adalah Danau Toba. Yup, kali ini admin akan membahas seputar danau yang terletak di Sumatera Utara itu.

Danau Toba. Danau dengan luas 1145 km itu memang sangat terkenal di nusantara. Nama danau Toba mungkin jadi salah satu nama danau yang selalu masuk ke dalam ingatan para pelajar karena keindahan dan pesona alamnya selalu tercantum di dalam buku-buku pelajaran sekolah. Dengan kedalaman hingga 450 m, danau yang termasuk golongan danau vulkanik ini memang layak jika disebut sebagai salah satu kejaiban dunia. Tak heran jika banyak wisatawan local maupun mancanegara mengunjungi danau yang terletak pada titik koordinat 3,58° Lintang Utara dan 98,67° Bujur Timur itu.

Danau Toba merupkan wisata alam yang menakjubkan. Udara sejuk, ditambah dengan birunya air danau yang menjadi tempat berenangnya ikan – ikan batak. Dengan dikelilingi hijaunya pohon pinus yang menambah ketenangan di tempat ini.  Di tengah hamparan luasnya Danau Toba, terdapat satu pulau yang disebut dengan Pulau Samosir. Pulau inilah yang juga menambah suasana indah di Danau Toba. Luas Pulau Samosir hampir sama dengan luas negara Singapura. Pulau Samosir juga memiliki dua danau yang indah, biasa dikenal dengan Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir dihuni oleh suku Batak Samosir. Kini tercatat penduduk di Pulau Samosir mencapai 580.428 jiwa.

Danau Toba adalah tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati pemandangan sambil bersepeda dan menikmati pemandangan gunung yang permai, semua rasa penat yang  dirasakan akan hilang di tempat ini. Danau ini berada 900 meter di atas permukaan laut sehingga udara sejuknya sangat menyegarkan, jauh dari udara panas, kelembaban, dan polusi yang biasa kita temui sehari-hari di tengah perkotaan.

Sulit untuk membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi selain Danau Toba, karena di sini sobat INVI dapat melakukan berbagai macam hal yang menyenangkan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang dan berperahu layar yang sanggup membius kamu dalam keindahan pemandangan yang menakjubkan. Udaranya bersih dan sejuk dengan  suasana santai masyarakatnya serta yang ramah membuat wisatawan akan datang kembali setelah mengunjungi danau di utara pulau Sumatera ini.

Ini dia sobat, danau Toba yang terkenal itu.

View Toba Lake, Samosir Island at indonesiavirtual.com

Terlepas dari keindahan alam dan luasnya yang hampir setara dengan negara Singapura tersebut, mungkin belum banyak yang tahu tentang asal usul dan legenda yang menyertai Danau Toba.

Danau Toba, menurut penelitian ahli geologi terbentuk akibat letusan gunung berapi vulkanik yang maha dashyat sekitar 7000 tahun yang lampau. Letusan tersebut diperkirakan ribuan kali lipat daripada letusan gunung berapi pada umumnya. Karena kedahsyatannya itulah hingga menyebabkan perubahan pada iklim dunia saat itu. Ahli geologi mengungkapkan, letusan gunung Toba menyebabkan penurunan suhu di dunia, hingga mencapai 5 derajad celcius. Selain itu, hampir diseluruh bagian dunia, ditemukan debu yang berasal dari letusan gunung ini. Hal ini dibuktikan dengan struktur molekul debu vulkanik yang sama hingga mencapai 2100 titik. Sangat mengejutkan. Tak sampai disitu, debu ini juga ditemukan di kutub utara. Inilah yang memunculkan statemen, betapa maha dahsyatnya letusan gunung berapi tersebut. Letusan gunung berapi ini juga dipercaya memusnahkan sekitar 60 persen penduduk dunia beserta mahluk hidup lainnya, sehingga di percaya inilah yang menyebabkan kepunahan masal kala itu. Letusan itulah yang dipercaya dapat membentuk satu kaldera yang kemudian terisi air, hingga sekarang dikenal sebagai Danau Toba, danau terbesar se – Asia tenggara dan terdalam di dunia.Sedangkan karena tekanan magma yang tidak bisa keluar, akhirnya ditengah – tengah danau tersebut muncul sebuah pulau yang dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Namun sedikit berbeda dengan para ahli geologi, masyarakat Batak mengkorelasikan asal usul danau Toba dengan kepercayaan dan mitos dari suku Batak itu sendiri. Seperti kita ketahui bahwa zaman dahulu sebelum agama-agama langit masuk ke nusantara, nenek moyang kita bangsa Indonesia sangat menghormati leluhur dan kepercayaan-kepercayaan yang mengiringinya. Dan mungkin hal itulah yang menyebabkan sejarah danau Toba dikaitkan oleh legenda dan mitos masa silam.

Legenda tersebut menyebutkan ada seorang pemuda bernama Toba yang karena ucapan nya mendapat malapetaka badai dan hujan besar. Toba yang suka memancing suatu hari mendapatkan ikan yang dipancing nya bisa berbicara dan berubah menjadi gadis berparas jelita. Toba kemudian menikahinya dan mempunyai anak bernama Samosir. Hingga suatu hari Samosir membuat kesalahan dan membuat Toba marah. Kemudian Toba menghardik Samosir sebagai “anak ikan”. Samosir mengadu kepada ibunya yang kemudian sedih dan marah. Samosir kemudian diperingatkan oleh ibunya untuk lari ke daratan paling tinggi karena akan ada badai besar menghampiri. Benar adanya, kemudian badai dan hujan besar turun tidak berhenti hingga menenggelamkan Toba beserta daratan di sekelilingnya. Saat itu daratan berubah menjadi danau besar yang dinamakan danau Toba. Istri Toba berubah kembali menjadi ikan. Dan daratan yang dipijak Samosir menjadi pulau Samosir sekarang.

Cerita tersebut masih sangat diyakini oleh penduduk di sekitar danau Toba hingga saat ini. Dan tidak hanya itu, masyarakat sekitar juga percaya jika danau Toba dihuni oleh “namboru” yang artinya tujuh dewi yang menurut kepercayaan adalah nenek moyang mereka. Tidak heran jika sebelum melakukan sebuah upacara, masyarakat sekitar danau meminta izin dahulu kepada namboru.

Tapi jangan khawatir sobat, kalau kamu cuma ingin menikmati keindahan danau Toba sekarang ini, kamu tidak perlu samapi meminta izin dengan leluhur di alam sana. Cukup menjaga kelestarian dan juga kebersihan danau dan yang paling penting ialah siap melakukan perjalanan yang lumayan panjang. Yup, admin ulangi perjalanan yang lumayan panjang. Karena kota terdekat untuk transit ialah Medan. Jadi untuk sobat INVI yang datang dari luar kota bisa melakukan perjalanan dengan singgah di Kota Medan baik itu di Bandara Kualanamu yang merupakan bandar udara internasional di Medan, atau bisa juga transit di terminal Amplas untuk kamu yang menggunakan jalur darat.

Dari Kota Medan perjalanan bisa dilanjutkan ke Danau Toba dengan menggunakan Bus Damri menuju Simpang Kayu Besar, fasilitas dari Bus ini terbilang cukup bagus, dilengkapi dengan Ac dan Toilet didalamnya, jadi jangan sampai ketiduran lalu kamu kelewatan. Setelah tiba di Simpang Kayu Besar kamu harus berganti kendaraan dengan kendaraa lain dengan arah tujuan Perapat. Sebenarnya ada juga jasa penyedia transportasi yang bisa di sewa dengan rute perjalanan Medan - Perapat, tetapi harganya cukup mahal, namun sebanding lah dengan pelayanan yang diberikan.

Setelah sampai di Perapat, kamu sudah bisa menikmati suasana pemandangan Danau Toba, akan tetapi apabila Anda berkeinginan untuk ke pulau Samosir, sobat INVI diharuskan menyeberang dengan menggunakan transportasi kapal Ferry dengan tujuan Tuktuk Siodang menuju pulau Samosir. Tempat ini merupakan tempat yang strategis untuk menikmati keindahan Danau Toba seutuhnya.

Walaupun perjalanan nya cukup panjang dan so pasti sedikit melelahkan, namun admin jamin semua terbayar tuntas dengan pemandangan yang kamu dapatkan dari danau yang penuh legenda dan cerita mitologi tersebut.

Pada akhirnya, unsur spriritualitas dan keindahan alam memang sulit dipisahkan dari nusantara kita tercinta ini. Kita sebagai generasi penerus hendaknya selalu peka akan sejarah agar bisa memaknai pemberian Sang Pecipta Alam sebagai kekayaan yang harus kita jaga dan pelihara. Karena kalau bukan kita, siapa lagi??

PROUD OF INDONESIA


Sumber :
http://parapat-toba.blogspot.co.id/

https://www.twisata.com/keindahan-di-balik-legenda-objek-wisata-danau-toba-dan-pulau-samosir/


Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment