5 Pulau Kecil Perawan Indonesia Yang Wajib Diketahui dan Dicintai

Hai sobat INVI.. Bulan lalu kami diberikan kesempatan untuk mendokumentasikan 5 pulau indah di Indonesia oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia. Sudah siap buat jatuh cinta sama 5 pulau yang akan kita kasih tau? Kalau sudah siap dan nanti sudah jatuh cinta, dijaga ya cintanya.. Jangan diselingkuhin apalagi disia-siakan gitu aja! Hehe.. Selamat membaca, selamat berteriak "wow" dan selamat berbangga.. 

1. Pulau Dangar Ode

Pulau ini terletak di kawasan Utara Teluk Saleh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Nah sobat tau nggak sih? Teluk Saleh ini dinobatkan sebagai "akuarium dunia" oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) loh. Yups, itu dikarenakan perairan di teluk ini dihuni 59 jenis karang dan 405 jenis ikan. Waahhh.. Betapa bangganya ya kita jadi bagian dari negara yang kaya ini! Yang menariknya lagi, sobat semua bisa menemukan ikan lumba-lumba di perairan Pulau Dangar Ode.


Untuk sobat yang ingin melihat keindahan asli bawah lautnya, ada spot terbaik loh untuk diving yaitu di sisi utara pulau ini. Perairannya yang sangat jernih, membuat sobat dapat melihat dengan jelas keindahan terumbu karang, warna-warni berbagai jenis ikan dan juga koloni bintang lautnya.
Wah, setuju bukan kalau pulau kecil ini sangat menawan hati? Saya yakin pasti kalian sudah jatuh cinta dengan Pulau Dangar Ode ini!


2. Pulau Gili Lontar

Pulau ini terletak di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Bentuk pulaunya sangat lucu lho, bundar dan dipenuhi pepohonan hijau yang tumbuh subur. Dikelilingi pasir putih dan air laut yang berwarna hijau segar, byuuaarrr... rasanya ingin terjun, berenang dan berteriak "I Love Indonesia!!". Hehe..

Pemandangan bawah laut Gili Lontar pun tidak kalah keren. Bermacam-macam jenis karang, ikan dan hewan laut lainnya ada disini! Mata kita seakan dimanjakan oleh keindahan dunia bawah laut yang Tuhan ciptakan di Gili Lontar ini.. Kalau sobat ada disini, mungkin sobat nggak mau pulang atau keluar dari Pulau ini yaa. Bahkan ogah buat naik dari dalam lautnya mungkin. Hahaha..
Pulau Gili Lontar ini menawan hati para sobat juga kan? Wajib kita jaga dan cintai!


3. Pulau Mangkai

"Pulau keren ini ada dimana sih? Kok gue nggak pernah denger namanya?", mungkin sebagian besar para sobat bertanya-tanya demikian ya? Oke, yuk kita bahas lebih dalam. Pulau Mangkai ini terletak di Kepulauan Anambas, Riau. Pantai sisi selatan berpasir, sedangkan sisi yang lainnya berbatu bahkan terdapat tebing yang cukup tinggi.




Deretan pohon kelapa dapat sobat fungsikan untuk sesekali berteduh dari panasnya terik matahari. Di pulau ini terdapat dermaga yang selalu siap menyambut kedatangan para sobat pecinta pantai.




"Gimana dengan pemandangan dunia bawah lautnya?", nggak usah diragukan lagi. Sobat akan takjub melihat keindahan bawah laut Pulau Mangkai ini. Berbagai jenis hewan lautpun terlihat sangat nyaman dan sangat bersahabat dengan karang maupun tumbuhan yang ada di dasar laut.
Sungguh menawan hati dan wajib kita cintai, right?


4. Pulau Punten

Adakah diantara para sobat yang nebak letak Pulau Punten ini di Jawa Barat? Karena kata "punten" terdapat dalam bahasa Sunda yang artinya "permisi". Kalau iya ada sobat yang nebak demikian, selamat sobat salah tebak! Hehe..
Pulau Punten adalah pulau kecil tersembunyi yang terletak di Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Pulau ini punya berjuta keindahan, bahkan kita bisa katakan "ini adalah surganya Indonesia!". Gimana nggak? Saat sobat lihat ke dalam lautnya yang sangat mengagumkan.. Beuuhh, pandangan kita nggak bisa berhenti lihat keindahannya berbagai macam spesies ikan dan warna-warni karang. Bahkan kita juga bisa menemukan beragam jenis bintang laut loohh..
Sungguh sangat menawan dan jatuh hati sama pulau ini!

5. Pulau Gelasa

Satu lagi nih.. Pulau Gelasa, terletak di Bangka Tengah, Bangka Belitung. Pulau ini terlihat sangat subur, baik di darat maupun di lautnya. Pepohonan yang berkerubung di pulau kecil ini bersanding dengan air laut yang berwarna biru cerah, menjadikan pulau ini terlihat sangat natural.

Kondisi bawah laut pun sangat menarik! Lihat saja, berbagai jenis terumbu karang bertebaran di dasar laut. Ikan yang berwarna-warni, terumbu karang yang sangat indah dan tumbuhan laut lainnya, seakan menyapa kita dan menunjukkan kemewahan yang ada di dasar laut Pulau Gelasa ini.





Sungguh menakjubkan dan menawan hati! Wajib dicintai juga pulau yang satu ini nih..








Sekian review mengenai "5 Pulau Kecil Perawan Indonesia Yang Wajib Diketahui dan Dicintai" versi INVI ini. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua dan dapat menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap negara kita yang kaya ini, negara Indonesia! 




Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment