Buah Asli Indonesia Yang Sudah Mendunia



Indonesia terkenal sebagai negeri yang kaya karena memiliki tanah yang luar biasa subur. Istilah “tongkat, batu dan kayu jadi tanaman” bukanlah isapan jempol belaka. Dunia telah membuktikan. Rempah-rempah adalah salah satu hasil bumi Indonesia yang patut dibanggakan. Lada, tembakau pala, kopi, dan kayu manis dari tanah nusantara termasuk yang terbaik di dunia. Karena alasan itu pula hidung “tajam” pedagang Eropa masuk dan menguasai jalur perdagangan rempah-rempah selama ratusan tahun di bumi Indonesia.

Tidak hanya rempah-rempah, iklim Indonesia yang tropis juga menjadi surga bagi tanaman buah-buahan. Matahari yang bersinar terus terang sepanjang tahun memberikan andil besar bagi tumbuh suburnya beberapa buah endemik yang hanya terdapat di Indonesia. Ya benar, banyak buah-buahan tropis yang memang asli dan pertama kali ditemukan di Indonesia namun kini telah go international. Beberapa malah mulai dikembangbiakan menjadi ratusan varietas unggul lainnya.

Untuk menyambut World Internaional Fruit Day yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 1 Juli 2016, berikut ini ada 9 buah asli Indonesia yang sudah terkenal di Asia bahkan mendunia.

1.    Durian



Dikenal dengan nama si “raja buah”, tidak berlebihan memang jika buah satu ini ditaruh pada urutan pertama. Buah durian pertama ditemukan di pulau Sumatra dan Kalimantan. Baunya yang menyengat seolah menjadi penegas dari kelezatan buah dengan kulit berduri ini. Buah yang sangat digemari oleh orang Indonesia ini bahkan telah dikembangkan menjadi sekitar 300 varian di Thailand dan seluruh dunia. Kini durian banyak diolah menjadi berbagai penganan dan pelengkap es buah.

2.    Manggis



Jika durian adalah raja, maka manggis adalah ratunya buah-buahan. Buah berkulit agak keras dan kehitaman ini mempunyai banyak manfaat. Bahkan kulitnya yang mengandung antioksidan telah dijadikan obat pencegah untuk berbagai penyakit. Buah dengan rasa masam manis yang awalnya ditemukan di dataran Sunda dan pulau Kalimantan ini konon digilai Ratu Victoria dari Inggris. Mungkin karena itu pula manggis disebut sebagai ratunya buah.

3.    Kedondong



Siapa yang suka makan rujak pasti kenal dengan buah yang satu ini. Rasa dari buah dengan biji berduri ini memang sangat masam. Banyak orang yang tidak suka dengan rasanya. Karena itu, buah yang berasal dari Indonesia timur ini lebih banyak diolah menjadi manisan maupun rujak. DI awal abad ke 20, kedondong dibawa ke mancanegara. Mulai dari Australia hingga Jamaica. Bahkan buah dengan nama latin ambarela ini sempat juga coba dikembangbiakkan di Florida, Amerika Serikat. Namun karena rasanya yang terlalu masam dan tidak cocok dengan lidah orang Amerika membuat buah ini tidak terlalu disukai.

4.    Jambu air



Masih termasuk dari buah-buahan yang ada di dalam rujak, jambu air juga merupakan buah asli Indonesia. Daging buahnya berwarna putih dengan kulit luar berwarna merah, putih, dan juga hijau. Jambu air dengan warna merah cenderung memiliki rasa yang lebih manis disbanding varian dengan warna putih dan hijau. Di beberapa negara, buah tropis ini juga dengan nama internasional Java apple ini kerap dikionsumsi sebagai isian salad.

5.    Belimbing



Belimbing mempunyai nama latin carambola. Dan dunia barat lebih mengenalnya sebagai starfruit, karena ketika buah dengan rasa dominan masam ini dibelah terlihat daging yang menyerupai bentuk bintang atau pentagram. Buah yang berasal dari Maluku ini awalnya hanya terkenal di kawasan Asia saja sampai akhirnya dikenal di Amerika Serikat, terutama Florida. Menurut lidah mereka, rasa belimbing itu gabungan dari rasa papaya, jeruk dan anggur sekaligus.

6.    Pisang



Pisang, mendengar buah yang satu ini pasti kita langsung teringat berbagai macam hidangan dessert yang diolah berbahan dasar buah tropis yang satu ini. Sebut saja banana split, pisang bakar, pisang goreng bahkan hingga pudding dan smoothies pisang. Tapi siapa sangka buah yang jadi komoditi utama negara-negara Amerika Selatan ini ternyata asli berasal dari Indonesia. Barulah pada abad ke 10 pisang dibawa ke daratan Eropa dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Amerika Selatan yang sekarang menjadi 65 % pemasok pisang dunia. Kamu yang berencana diet juga cocok banget mengkonsumsi pisang untuk makan malam. Karena pisang ini termausuk rendah kalori namun menghasilkan energi yang cukup besar.

7.    Rambutan



Dinamakan rambutan mungkin karena buah yang mirip lychee ini mempunyai rambut yang tumbuh di kulit buahnya. Walaupun berukuran kecil, rambutan memiliki kemanisan yang luar biasa. Buah ini juga termasuk yang paling sering dijajakan oleh tukang buah tradisional karena harganya yang murah meriah. Buah khas iklim tropis ini pernah dicoba untuk ditanam di Amerika Serikat namun tidak berhasil karena faktor cuaca yang kurang cocok. Sementara di Asia Tenggara, buah ini menjadi komoditi ekspor oleh Malaysia dan Thailand yang mengemas rambutan ke dalam kaleng.

8.    Salak



Banyak yang mengira buah yang terkenal dengan nama snake fruit ini berasal dari Malaysia ataupun Thailand. Tapi ternyata salak benar-benar asli dari Indonesia lho sobat. Bahkan salah satu variannya, yaitu salak condet menjadi ikon buah untuk kota Jakarta. Selain salak condet, salak pondoh juga termasuk varian yang terkenal dari buah dengan rasa gabungan manis, masam dan sepat ini.

9.    Duku



Buah yang satu ini benar-benar asli kebanggan Indonesia. Bahkan pohon duku dijadikan flora identitas Provinsi Sumatera Selatan. Yup, buah dengan daging berwarna putih kekuningan ini memang terkenal berasal dari tanah wong kito galo, Palembang. Namun sayangnya buah duku masih terbatas beredar dan digemari di kalangan Asia, belum mampu menembus Eropa dan Amerika.


Gimana?? Masih nggak yakin dengan buah-buahan lokal?? Buah lokal juga tidak kalah lho dengan jeruk mandarin, apel Washington ataupun kiwi New Zealand. Selain rasanya yang lezat dan kaya nutrisi, membeli buah lokal juga otomatis membantu para petani buah di pelosok nusantara.


Selamat Hari Buah Internasional , sobat INVI.






Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

1 comment:

  1. Kami tantang para semua yang suka bermain judi online
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    Whatsapp : +85598249684
    L ine : Sinidomino
    poker online

    ReplyDelete