5 Tips Liburan Saat Lebaran





Kurang lebih dua Minggu lagi umat Muslim dunia khususnya Indonesia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Hari istimewa tersebut dimanfaatkan banyak orang untuk bersilaturahmi dengan sanak famili yang tinggal berjauhan atau bahkan berbeda kota dan provinsi. Jutaan orang diperkirakan akan pulang ke kampong halaman dalam rentang waktu seminggu menjelang hari raya Lebaran. Moment itu juga kerap dimanfaatkan untuk mengambil liburan singkat sambil mudik ke kampung halaman. Rata-rata waktu libur Lebaran selama 5 hari tersebut memang ideal jika sekaligus dimanfaatkan untuk berlibur dan refreshing dari keriuhan kota besar untuk sejenak. Tapi perlu digarisbawahi jika di tempat dan waktu yang sama mungkin ribuan orang lainnya juga memanfaatkan waktu yang singkat selepas hari raya itu untuk traveling atau liburan bersama keluarga.

Tapi jangan khawatir, dibawah ini ada tips yang berhasil penulis rangkum dari berbagai sumber agar liburan selama Lebaran kamu terasa nyaman dan tentunya menyenangkan.

1.     Manfaatkan jasa layanan traveling

Sekarang ini banyak layanan jasa online traveling yang bisa memudahkan kamu dalam liburan. Semua itinerary sudah diatur oleh pihak penyedia layanan. Otomatis jadwal dan segala hal yang berkaitan dengan lokasi wisata, tiket dan penginapan biasanya sudah termasuk dalam satu paket liburan / perjalanan. Opsi ini adalah yang paling disarankan jika kamu lebih sibuk mempersiapkan mudik dan silaturahmi dengan keluarga daripada menyusun jadwal liburan.

2.     Susun jadwal dengan teliti

Tips ini berlaku untuk kamu yang berniat akan menyusun sendiri rencana liburan kamu. Dan akan lebih terasa manfaatnya jika kamu melakukan mudik ke kota yang tidak terlalu jauh dengan lokasi wisata yang akan kamu tuju. Atur jadwal sebaik mungkin agar waktu liburan menjadi efisien. Selain menghemat waktu, kamu juga lebih bisa memprediksi hari-hari dimana destinasi wisata tersebut menjadi sangat padat dan menghindarinya.

3.     Booking hotel/penginapan dari jauh-jauh hari

Ini yang paling penting. Seandainya kamu memilih lokasi liburan yang menjadi favorit semua orang. Nggak mau dong setelah lelah berwisata kamu muter-muter kota cuma mencari tempat menginap. Untuk memudahkan gunakan layanan booking Hotel online yang kini banyak bermunculan. Booking hotel jauh-jauh hari juga memungkinkan kamu mendapat harga yang lebih murah dan juga bisa liburan dengan perasaan tenang karena tidak perlu menghawatirkan soal tempat menginap.

4.     Pilih destinasi liburan yang tidak mainstream

Ini penting bagi kamu yang tidak terlalu suka liburan dengan kondisi terlalu ramai. Ingat, Hari Raya Idul Fitri memang menjadi ajang liburan bagi hampir seluruh penduduk Indonesia. Otomatis bukan hanya kamu yang berencana untuk melepas penat setelah setahun bekerja.  Sudah pasti daerah Cipanas Puncak, Bandung dan sekitarnya bukanlah pilihan yang baik. Ada baiknya kamu mencari lokasi yang sedikit berbeda dengan tujuan wisatawan lain. Coba ke Cimaja Sukabumi, atau bertualang ke daerah utara Bali yang relatif belum ramai seperti pantai-pantai di Bali selatan.

5.     Persiapkan fisik dengan baik

Terakhir, jangan lupakan faktor yang terpenting ini ya sobat. Apalah arti liburan jika kondisi fisikmu kelelahan atau bahkan kurang sehat. Seminggu menjelang mudik / liburan, usahakan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan makanan yang kaya nutrisi. Olahraga juga penting dilakukan beberapa saat sebelum buka puasa. Cukup tidur juga akan memberikan efek badan yang segar terutama dalam menghadapi perjalanan panjang yang macet. Jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi dan vitamin c selama perjalanan untuk berjaga-jaga jika kondisi tiba-tiba menjadi drop.


Diatas tadi adalah 5 tips yang bisa membuat momen liburan saat Lebaran kamu dijamin nyaman dan menyenangkan deh sobat.  Tapi jangan sampai lupa ya sobs, inti dari Idul Fitri adalah kembali ke keadaan “bersih”, jadi jangan sampai kamu merusak dan membuat kotor lokasi wisata yang kamu kunjungi ya.

Selamat liburan, dan salam untuk keluarga di kampung halaman ya sobat.

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment