5 Lokasi "Ngabuburit" Asik di Jakarta

Bulan puasa selalu diidentikan dengan kegiatan ngabuburit. Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya menunggu sore. Karena saat bulan Ramadhan waktu yang paling ditunggu orang yang berpuasa ialah saat sore (Maghrib), maka istilah “ngabuburit” dipersempit untuk menggambarkan kegiatan sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan istilah itu dipakai, yang jelas kegiatan ngabuburit menjadi salah satu kegiatan mengisi waktu (selain beribadah tentunya) orang-orang yang melaksanakan puasa Ramadhan. Tidak ada juga batasan kegiatan apa yang boleh dan tidak dibolehkan saat ngabuburit. Sepanjang tidak membatalkan puasa dan menjurus ke hal-hal negatif, rasanya aktivitas ngabuburit sah-sah saja untuk dilakukan.

Untuk masyarakat kota besar seperti Jakarta, mall adalah tempat favorit untuk menunggu waktu berbuka. Karena selain berbelanja, biasanya mall selalu dipenuhi dengan restoran-restoran yang menjadi tempat untuk berbuka puasa. Tapi jangan salah lho sobat, menunggu waktu maghrib juga ternyata asik dilakukan di tempat-tempat terbuka yang asri di Jakarta. Selain dapat menghirup udara segar, melakukan sedikit aktfitas fisik di ruang terbuka umum seperti jogging tentunya akan membuat kita menjadi lebih sehat lagi sobs.

Berikut ini adalah 5 tempat ngabuburit asik bernuansa taman (open air ) di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk menunggu waktu berbuka.


1.    Taman Menteng




Taman yang terletak di tengah-tengah kota Jakarta ini menjadi salah satu favorit warga menunggu sore sambil melakukan aktivitas ringan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disini. Mulai dari jogging, futsal, ataupun bermain bola basket. Banyak komunitas anak-anak muda yang biasa menjadikan Taman Menteng meeting point untuk selanjutnya melakukan kegiatan bersama. Taman dengan pepohonan yang rindang ini bisa dikatakan selalu dipenuhi warga dari hampir selama 24 jam. Mulai dari menjelang berbuka hingga waktu sahur tiba. Semakin asik ngabuburit di taman yang dibangun saat pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo ini karena fasilitas wi-fi gratis yang diberikan kepada pengunjung.
      
2.    Taman Ayodya Barito



Jika Jakarta Pusat mempunyai Taman Menteng, Taman Ayodya adalah kebanggaan warga Jakarta Selatan dan sekitarnya. Aktifitas yang bisa dilakukan hampir mirip dengan Taman Menteng. Sobat INVI bisa jogging sambil menikmati udara yang bisa dibilang masih cukup segar karena sekitar taman dikelilingi oleh pohon-pohon besar. Terletak di kawasan yang terkenal menjadi salah satu pusat kuliner Jakarta menjadikan Taman Ayodya selalu ramai dikunjungi saat sore hari menjelang berbuka. Macam-macam penjual makanan menjajakan dagangannya di sekeliling taman. Setelah lelah jogging ataupun sekedar duduk-duduk di bangku taman, sobat bisa langsung membeli makanan untuk berbuka puasa. Dijamin mengasyikan.
    
3.    Monumen Nasional (Monas)



Siapa yang tak mengenal landmark paling terkenal di Jakarta ini?? Tempat yang dahulu dikenal dengan nama Lapangan Ikada ini memang pusatnya aktifitas luar ruangan warga Jakarta. Hampir semua aktifitas bisa dilakukan disini. Mulai dari olahraga, hingga bersantai dan bertamasya bersama keluarga. Selain karena bebas biaya masuk, letaknya yang persis di jantung kota dan mudah dicapai oleh semua moda transportasi membuat Monas menjadi pilihan utama warga yang menghabiskan sore ngabuburit di tempat yang satu ini.

4.    Pasar Santa



Buat sobat INVI yang menggemari sesuatu yang sifatnya vintage, mungkin ngabuburit di Pasar Santa adalah pilihan yang tepat. Pasar Santa tidak seperti pasar seperti umumnya yang kita kenal. Pasar ini tidak becek dan berisi bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari.  Disini dijual barang-barang unik seperti kaset dan piringan hitam band-band lawas, pernak pernik dengan nuansa klasik, hingga restoran yang menjual makanan yang sedang hits di kalangan anak muda.

5.    Pantai Ancol



Walaupun tidak seindah Pantai Kuta di pulau Bali sana, tapi pantai Ancol di Jakarta Utara bisa dibilang cukup untuk sekedar berjalan santai sambil menikmati angin laut yang bersemilir. Untuk masuk ke kawasan wisata ini memang dikenakan biaya sekitar 20-50 ribu rupiah. Tapi jangan khawatir, ada beberapa spot yang cukup asik untuk menunggu waktu berbuka. Salah satunya ada di jembatan dekat restoran Le Bridge. Sobat INVI bisa ber-selfie ria bersama teman beramai-ramai dengan latar belakang langit Jakarta saat matahari beranjak tenggelam.


Diatas adalah beberapa lokasi outdoor menarik untuk ngabuburit yang bisa sobat kunjungi di Jakarta. Terpenting adalah kegiatan menunggu berbuka tidak serta merta mengalahkan prioritas utama kita di bulan Ramadhan ini, yaitu beribadah.


Selamat ngabuburit, sobs!!



Sumber foto : Google image

             

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment