Batu Karas, Bali Kecil di Jawa Barat


   Surfer mancanegara menaklukan ombak Batu Karas.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi long weekend. Ke pantai gunung ataupun sekedar pulang ke kampung halaman untuk bertemu dengan sanak famili terkasih. Tapi pasti fenomena yang selalu terjadi saat libur panjang adalah kemacetan yang mengular dan malah membuat kita tambah stress. Atau tempat wisata yang sangat padat dengan pengunjung malah membuat mood liburan menjadi turun. Untuk itu kita perlu menyiasatinya dengan pergi liburan ke tempat yang tidak menjadi pilihan (favorit) orang banyak.


Ada satu pantai di daerah Jawa Barat yang tidak terlalu jauh dari Jakarta ataupun Bandung, dan tergolong sepi dari pengunjung. Bukan karena pantainya yang jelek, namun karena wisatawan yang berkunjung ke pantai ini biasanya mempunyai tujuan spesifik, yaitu berselancar. Pantai yang berjarak hanya 40 km dari Ciamis itu bernama Pantai Batu Karas. Terletak di daerah Pangandaran Jawa Barat, Batu Karas adalah perpaduan antara Pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran karena berada pada garis pantai yang sama. Pantai ini sangat cocok untuk liburan keluarga dan juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat berselancar yang menyenangkan.


Pantai Batu Karas tidak hanya terkenal dengan airnya yang tenang, tetapi juga ombak laut yang cukup menantang. Air yang tenang dan gelombang ombak yang cukup tinggi adalah kombinasi harmonis yang menjadikan kawasan Pantai Batu Karas ini terbilang ramai dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tidak heran jika sebagian kalangan menyebut Pantai Batu Karas adalah Bali kecil atau Bali in Java. Karena karakteristik ombak dan bentangan pasir kehitaman yang panjang memberikan sensasi berselancar mirip dengan yang ditawarkan oleh pulau dewata tersebut. Belum lagi dengan kehadiran turis asing yang hilir mudik dengan membawa papan selancar. Semakin mengingatkan pada suasana pantai Kuta disaat musim liburan tiba. Di kalangan peselancar, baik lokal maupun mancanegara, nama Batu Karas sudah tidak asing lagi. Hampir setiap tahunnya para peselancar menyempatkan waktu ke sini dan juga ke Cimaja di Pelabuhan Ratu. Ada beberapa titik yang wajib dikunjungi untuk berselancar disini yaitu Bulak Pendek, Legok Pari dan Karang. Untuk kamu yang masih pemula atau baru saja belajar berselancar, sangat diarankan untuk bermain di area Legok Pari karena ombaknya yang relatif kecil sehingga aman untuk peselancar pemula sekalipun. Banyak jasa penyewaan lengkap dengan pemandunya untuk kamu yang merasa tertantang dan mau mencoba olahraga ekstrim ini. Sementara untuk peselancar professional silahkan untuk mencoba menantang samudra di Bulak Pendek. Ombak disini begitu tinggi dan untuk mencapai titik tersebut harus menggunakan perahu sewaan.

Walaupun Batu Karas terkenal hingga mancanegara sebagai pantai selancar, namun pantai ini juga ramah dan nyaman untuk keluarga dan anak-anak. Terdapat kegiatan lain yang juga tidak kalah asyiknya dengan berselancar seperti bermain Jetski, banana boat ataupun naik kereta kuda di sepanjang pantai. Bagi kamu yang suka adventure, kawasan Batu Karas menawarkan sejumlah tempat yang dapat digunakan untuk bertualang, hiking, dan berkemah. Jika ingin petualangan yang menantang, kamu dapat meminta bantuan penduduk setempat dan pergi ke Karang Nunggal, yaitu sebuah pantai kecil dan terpecil. Di pantai ini, pemandangan terlihat begitu menawan dengan bebatuan tinggi dan kokoh.


Secara keseluruhan kawasan wisata Pantai Batu Karas di daerah Pangandaran ini adalah tujuan berlibur yang cocok bagi siapapun. Wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri pantai sembari menanti waktu sunset tiba dan juga singgah di warung pinggir pantai sekedar menikmati secangkir kopi. Untuk yang sudah berkeluarga , orang tua dapat menyaksikan anak-ananya bermain-main di tepian Pantai Batu Karas serta membangun istana dari pasir, atau cuma sekedar berjemur sambil bersenda gurau mengisi liburan.


RUTE DAN FASILITAS PENGINAPAN DI BATU KARAS

Dari Bandung maupun Jakarta, buat kamu yang mengendarai mobil pribadi atau sewaan bisa ambil jalan menuju lokasi Pangandaran sekitar 40 km dari kota Ciamis, Jawa Barat. Setiba di Pangandaran langsung menuju Cijulang. Jangan takut tersesat atau salah jalan karena banyak papan penunjuk arah untuk menuju Batu Karas. Jadi kecil kemungkinan untuk kamu salah ambil jalan.


Untuk kendaraan umum, silahkan naik bus menuju  terminal Pangandaran. Kemudian kamu bisa menuju Cijulang dengan menaiki minibus dari terminal. Dari Cijulang menuju pantai Batu Karas hanya bisa ditempuh dengan ojek yang harganya relatif, tergantung usaha kamu untuk menawar. Tapi harga umumnya adalah Rp 30.000,- .


Sementara untuk penginapannya, wisatawan juga tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai telah tersedia banyak penginapan dan hotel dengan tarif yang bervariasi. Sejumlah hotel juga menawarkan cottage dan bungalow. Jika kamu ingin mengetahui lebih dekat tentang adat dan kebiasaan penduduk lokal, atau misalnya kamu berencana untuk berselancar dalam jangka waktu yang lama, kamu dapat menyewa rumah penduduk setempat. Selain bisa menambah kenalan dan kawan, harga yang ditawarkan juga biasanya jauh lebih murah. Untuk keluarga yang membawa anak-anak, disarankan untuk menginap di hotel sekitar pantai. Beberapa hotel yang ada di sana yang cocok untuk wisatawan dengan keluarga adalah Hotel Pondok Putri, Hotel Java Cove Beach, Bonsai Bungalows, Hotel Hi & Low, Hotel Teratai, Sunrise Resort, Villa Monyet, Reef Hotel, dan Hotel Sindang Asih.


Gimana?? Sudah tidak ragu kan untuk menghabiskan weekend ini di Batu Karas??
Selamat berlibur sobat INVI.


Penulis                  : Reza Armando
Sumber Gambar : http://www.superadventure.co.id/deventure/batu-karas-pantai-incaran-para-surfer



Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment