5 Jenis Kopi Populer di Indonesia

Siapa yang tidak suka kopi, saya rasa hampir separuh penduduk di bumi ini pasti suka “ngopi” atau minimal sesekali minum kopi. Terutama masyarakat Indonesia. Budaya “ngopi” seolah menjadi ritual khusus sebelum memulai hari. Bahkan banyak yang beranggapan hari mereka belum bisa dimulai atau belum lengkap tanpa secangkir kopi di pagi hari. Tak heran jika di beberapa wilayah Sumatera seperti Medan, Aceh dan Bangka Belitung bertebaran warung kopi yang sepanjang hari selalu dipadati pelanggannya. Jauh sebelum budaya “ngopi” menjangkiti kota-kota besar dengan ditandai berdirinya gerai kopi besar maupun coffee shop rumahan yang diinisiasi oleh kaum muda, penduduk Bangka Belitung, maupun Aceh sudah lebih dahulu menghabiskan waktu berjam-jam duduk bercengkrama di warung kopi. Karena buat masyarakat disana, “ngopi” itu bukan lagi sekedar minum cairan pekat dengan rasa pahit belaka, melainkan lebih ke budaya silaturahmi dan berkumpul dengan rekan sejawat sambil berbincang tentang apa saja.


Seperti kita ketahui, Indonesia adalah salah satu negeri penghasil kopi terbesar di dunia. Banyaknya varian kopi, harga yang cenderung stabil,  iklim dan juga kesuburan tanah yang mendukung membuat banyak petani di wilayah Jawa dan Sumatera memilih kopi sebagai ladang pengais rupiah mereka. Kopi pula yang membuat kaum Eropa penjajah datang dengan dalih berdagang agar bisa menguasai komoditi yang satu ini. Banyak jenis kopi yang ditanam oleh para petani mulai dari ujung barat Aceh hingga ke timur Papua. Berikut ini adalah 5 kopi yang menjadi andalan Indonesia karena citarasanya yang mantap dan populer di kalangan penikmat kopi nusantara.


Kopi Aceh Gayo

                                                                  Kopi Aceh Gayo


Jenis kopi yang pertama ialah Aceh Gayo.  Semua pecinta kopi pasti akrab dengan jenis yang satu ini. Citarasa yang khas dari tanah Gayo Aceh tengah ini memang istimewa. Tak heran jika kopi Aceh gayo menjadi salah satu varian kopi arabika terbaik dan menjadi unggulan di  seluruh penjuru kolong langit. Untuk soal rasa, arabika Gayo memiliki rasa yang cenderung lebih pahit namun tidak terlalu asam. Kopi Gayo ini sangat cocok untuk penikmat kopi pemula yang tidak terbiasa meminum kopi tanpa tambahan gula. Selain itu, kopi Gayo ini uga memiliki aroma gurih yang sangat kentara di dalam setiap tegukannya.


Kopi Sumatera


                                                                     Kopi Sumatera


Yang kedua ada kopi Sumatera. Tidak kalah dengan Kopi Aceh Gayo, kopi yang satu ini pun popular di kalangan penikmat kopi seluruh dunia. Jenis yang paling popular dari kopi Sumatera ialah Mandailing, Sidikalang, dan Lintong. Dengan citarasa yang sangat berat, kopi Sumatera bisa dibilang yang paling kental diantara kopi nusantara bahkan dunia. Hanya penikmat kopi tulen yang biasanya memesan kopi jenis ini.  Dengan tekstur halus dan berbau tajam yang sangat khas, menjadikan kopi Sumatera ini salah satu kopi yang terlaris di dunia. Menurut beberapa ahli, kopi dari tanah Sumatera ini memiliki cita rasa yang begitu unik sebab mempunyai karakteristi dengan aroma rempah dan juga earthy.


Kopi Jawa



                                                                  Kopi Jawa Jampit

Nomer tiga ada varian kopi dari tanah Jawa. Kopi yang satu ini juga jelas memiliki citarasa yang berbeda dengan yang lain. Walaupun tidak memiliki rasa yang terlalu kuat seperti kopi Sumatera atau bahkan Sulawesi, aroma rempah yang lahir secara alami pada kopi tanah Jawa ini menjadikannya popular di kalangan peikmat kopi pada umumnya. Kopi Jawa juga memiliki tingkat keasaman yang rendah karena faktor kondisi tanah, suhu udara, cuaca dan juga tingkat kelembaban tanah. Jenis kopi arabika asal Jawa yang terkenal ialah Blawan dan Jampit yang terpusat di pegunungan Ijen, ujung timur pulau Jawa.


Kopi Bali Kintamani

                                                                Kopi Bali Kintamani


Selanjutnya nomer 4 ada kopi Bali Kintamani. Sesuai namanya kopi ini berasal dari daerah Kintamani, Bali. Secara citarasa umum kopi Kintamani juga memiliki tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi, namun yang membuatnya unik adalah asam pada kopi satu ini terasa segar seperti buah-buahan. Keunikan tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat setempat yang menanam kopi berbarengan dengan tanaman sayur dan buah lainnya seperti jeruk. Berbeda dengan kopi Sumatera, varian kopi Kintamani ini tergolong dalam kopi dengan citarasa yang light dan lembut. Sangat cocok penikmat kopi yang ingin mencicipi rasa kopi yang unik dan agak berbeda dengan yang lain.


Kopi Luwak

                                                                      Kopi Luwak
                           

Last but not least, kopi luwak. Kopi luwak ini adalah salah satu varian kopi yang tergolong istimewa karena melewati proses yang unik sebelum akhirnya disajikan di dalam bentuk secangkir kopi panas nan nikmat. Biji kopi ini bukan alami dipetik oleh petani melainkan kopi yang dimakan terlebih dahulu oleh binatang luwak dan kemudian keluar bersamaan dengan feses dari luwak tersebut. Terdengar agak menjijikan memang, namun jangan salah, kopi luwak ini masuk ke dalam golongan kopi dengan harga yang lumayan fantastis. Aroma khas dari kopi yang sudah mengalami proses pencernaan di dalam perut luwak ini membuat komoditi andalan Indonesia ini masuk ke Guiness Book of Record sebagai kopi dengan harga termahal di dunia sampai dengan beberapa tahun silam. Banyak café menyuguhkan kopi luwak ini dengan harga yang cukup merogoh kocek per cangkirnya. Sekali lagi Indonesia harus merasa bangga.


Beberapa kopi diatas adalah kopi yang paling populer menurut penikmat kopi nusantara. Urutan tidak berarti peringkat, apalagi masih banyak sebenarnya jenis kopi yang lain tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Masih ada kopi Toraja, kopi Papua Wamena, Flores Bajawa, dan lain-lain. Mungkin banyak penikmat kopi yang ikut-ikutan karena sekedar tren dan gaya hidup saja tapi kurang mengetahui info dan seluk-beluk kopi asli nusantara. Sekian info singkat yang bisa saya bagi disini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Karena yang terpenting adalah kita sebagai warga Negara Indonesia selalu menghargai dan mencintai produk dan komoditi bangsa sendiri.






Penulis  : Reza Armando

Gambar : Google.co.id





Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment