Tips Traveling Saat Musim Hujan




Kita semua tahu sobat kalau traveling itu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Tapi mengingat sekarang masih musim hujan, pasti ada beberapa hal yang menghambat kamu dan membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Gak seru dong pastinya saat kamu mau mulai eksplorasi sebuah tempat wisata tiba-tiba hujan deras mengguyur. Tapi kamu nggak perlu khawatir sobat karena ada beberapa tips yang bisa kamu praktekkan untuk traveling di saat musim hujan. Hanya ada beberapa detil yang perlu kamu perhatikan lebih daripada biasanya. Jika semua rencana dan jadwal sudah tersusun dengan matang, musim hujan pun nggak akan jadi penghalang kamu untuk bertualang. Ini dia beberapa tips nya, silahkan disimak.

1. Kenali karakteristik destinasi wisata
Punya rencana traveling saat musim hujan, pastinya kamu harus mengetahui dahulu seluk beluk tempat yang akan kamu kunjungi. Apakah berpotensi bisa membahayakan atau menghambat perjalanan secara keseluruhan atau tidak. Misal, kamu berencana untuk mengelilingi kota Semarang dalam satu atau dua hari. Tentunya kamu harus tau dan selektif memilih titik wisata mana yang tidak tergenang air atau bahkan banjir di saat musim hujan. Atau jika kamu hendak pergi ke alam bebas, kamu bisa memilih lokasi yang tidak terlalu tinggi seperti bukit yang rawan longsor karena hujan lebat.

2. Pilih lokasi wisata indoor
Untuk kamu yang benar-benar tidak mau berspekulasi dengan ramalan cuaca, ada baiknya kamu memilih tempat wisata yang indoor seperti misalnya Trans Studio Bandung yang memberikan banyak wahana rekreasi tanpa harus panas-panasan atau kebasahan saat turun hujan. Mengunjungi cafe atau restoran dengan tema unik juga bisa menjadi pilihan sobat. Selain nyaman, kamu juga tetap bisa selfie ria dengan memanfaatkan interior tematik yang ada di dalam cafe.

3. Pilih penerbangan langsung
Untuk kamu yang berencana traveling dengan jarak yang jauh ada baiknya memilih penerbangan langsung untuk sampai ke kota tujuan. Selain tentunya menghemat biaya juga bisa menghindari keterlambatan atau delay di bandara saat transit untuk menyambung ke penerbangan selanjutnya. Cuaca musim hujan bisa membuat pesawat yang akan kamu tumpangi menjadi terlambat. Gak mau dong jatah cuti liburan kamu habis hanya karena menunggu penerbangan yang delay.

4. Bawa payung, jas hujan, dan baju hangat
Tiga hal itu walaupun terkesan remeh tapi sangat vital jika kamu mau traveling saat musim hujan. Payung tentu saja berguna saat kamu sedang jelajah kota atau sekedar berkeliling hotel mencari makanan dan tiba-tiba hujan tanpa peringatan langsung turun. Untuk kamu yang suka wisata alam seperti naik gunung atau hiking, jas hujan atau mantel sangat diperlukan karena hujan yang turun di pegunungan cenderung dengan intensitas yang lebih deras dan tidak mungkin diatasi hanya dengan payung. Terakhir baju hangat atau sweater. Traveling saat musim hujan pasti berhadapan dengan yang namanya cuaca mendung yang tentu saja dingin. Apalagi jika kamu memang berkunjung ke daerah wisata yang terletak di dataran tinggi. Sweater ,capuchon, long coat sangat kamu butuhkan untuk melindungi kamu dari hawa dingin, terpaan angin ataui sekedar gerimis.

5. Bawa obat-obatan ekstra
Sakit bisa kapan datang saja, terutama jika kamu terkena hujan di perjalanan. Jadi obat-obatan untuk penyakit ringan seperti flu, pusing dan demam sangat diperlukan untuk menjaga kamu selama traveling. Suplemen vitamin C juga dapat diminum untuk memperkuat daya tahan tubuh kamu yang pasti padat akan aktifitas selama liburan di musim hujan ini.

6. Hunting kuliner hangat setempat
Ini yang paling direkomendasi jika kamu berencana traveling saat musim hujan. Hampir setiap daerah di Indonesia punya minuman khas penghangat badan seperti bajigur, bandrex, bir pletok , susu jahe dan lain-lain. Selain menjadi pilihan menghangatkan badan di malam hari, kamu juga jadi lebih mengetahui minuman-minuman khas daerah destinasi wisata yang kamu kunjungi.

7. Persiapkan kondisi badan
Traveling di musim penghujan tentu tidak sama dengan musim kemarau. Badan menjadi rentan terkena virus flu karena cuaca yang tidak menentu. Jadi hendaknya jauh hari sebelum berangkat pastikan badan kita dalam keadaan fit, cukup tidur dan beristirahat. Jangan sampai memaksakan traveling jika memang merasa kurang sehat karena cuaca yang biasa berubah-ubah pada musim hujan akan menyebabkan badan yang dalam kondisi kurang baik menjadi rentan terhadap penyakit.

Sekian tips yang admin rangkum dari berbagai web dan diperuntukkan bagi kamu yang suka traveling meskipun di musim hujan. Keinginan kuat untuk bertualang kadang memang sangat besar sehingga mampu mengalahkan rintangan yang berat sekalipun, termasuk masalah cuaca. Namun dimana dan apapun musimnya yang terpenting ialah selalu utamakan keselamatan dalam perjalanan ya sobat.

Have a great adventure!!


Sumber gambar : https://ronyfhebrian.wordpress.com/2013/08/28/wanita-yang-dipinjami-payung/

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment