Tips Snorkeling Untuk Pemula


Snorkeling, sensasi kegiatan air yang satu ini memang menyenangkan sobat. Terutama buat kamu yang menyukai pantai dan laut. Kamu bisa melihat keindahan bawah laut tanpa harus repot-repot menyelam. Spot untuk melakukan kegiatan ini pun sekarang sudah mudah dicapai dan tentunya dengan biaya yang tergolong murah. Jadi sangat disarankan untuk kamu mencoba kegiatan yang satu ini.

Namun  kadang timbul pertanyaan bagi beberapa sobat yang sama sekali belum pernah mencoba snorkeling, " Bagaimana kalau saya tidak bisa berenang??". Wajar memang jika timbul keraguan buat orang awam untuk menikmati indahnya pemandangan terumbu karang dan berbagai macam biota ditengah lautan lepas. Tapi sobat INVI tidak perlu khawatir, admin akan share langkah-langkah untuk snorkeling walaupun kamu tidak bisa berenang.

Latihan di kolam renang
Buat kamu yang sama sekali tidak ada bayangan snorkeling itu akan seperti apa, sangat disarankan kamu mencobanya terlebih dahulu dikolam renang. Karena air nya yang tenang dan tidak berombak, kamu bisa leluasa membiasakan diri untuk belajar mengapung. Caranya kamu membungkuk di kolam dangkal (sebatas pinggang) kemudian cobalah latihan bernafas dengan normal. Lakukan posisi seperti push up dengan tangan menopang badan. Kemudian perlahan  lahan lepaskan kedua tangan, voila sekarang kamu sudah bisa mengapung.

Selalu gunakan perlengkapan dengan benar

Perlengapan snorkeling ialah google pelindung mata, fins (sirip yang dipakai di kaki) , dan life jacket (pelampung). Untuk latihan dan membiasakan diri dengan perlengkapan tersebut, kamu bisa latihan di kolam renang seperti langkah pertama. Gunakan pakaian renang yang semestinya, dan untuk kamu yang berambut panjang disarankan mengikat rambutnya agar tidak mengganggu kenyaman saat snorkeling. Dan yang paling penting jangan lupa warming up nya ya sobat.

Biasakan diri terlebih dahulu dengan keadaan laut
Nah, setelah kamu mencoba untuk langsung turun ke laut, jangan terburu-buru untuk langsung masuk atau menyelam kebawah. Kenali dulu laut sekitar mu. Rasakan ombak dan buat dirimu senyaman mungkin sobat. Dan sebaiknya kamu jangan melawan arus laut.  Setelah kamu merasa nyaman dan pastinya aman, barulah kamu benar-benar snorkeling.

Snorkeling lah berkelompok
Yup, karena kamu masih pemula dan mungkin tidak mahir berenang, jangan sekali-kali memisahkan diri dari rombongan dan berenang terlalu jauh ke tengah. Usahakan mengajak teman yang lebih pengalaman untuk sekedar bertanya seputar snorkeling dan dunia bawah laut.

Jangan panik

Ini sangat penting. Apapun yang terjadi cobalah untuk berusaha tenang. Misalnya ketika kaki mu kram, jangan khawatir karena kamu menggunakan life jacket. Mintalah bantuan pada teman atau instruktur snorkeling. Dan pada dasarnya snorkeling ialah kegiatan menyelam di perairan dangkal yang relatif aman. Jadi ketika kamu mengukiti seluruh aturan dan instruksi yang diberikan, semua pasti berjalan lancar, aman dan tentunya menyenangkan.

Sekian tips yang bisa admin share. Selalu utamakan keselamatan ya sobat. Happy snorkeling!!


Sumber :
http://travel.kompas.com/read/2016/01/08/171500927/Jangan.Takut.Snorkeling.Walau.Tidak.Bisa.Berenang?utm_source=RD&utm_medium=box&utm_campaign=kpoprd

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

1 comment:

  1. Anonymous9:38 PM

    Nice blog and absolutely outstanding. You can do something much better but i still say this perfect.Keep trying for the best. best snorkeling destination

    ReplyDelete