Candi Borobudur, Keajaiban Dunia Dari Magelang, Jawa Tengah Indonesia

Seperti yang kita ketahui bersama ya sobat,Indonesia adalah negara yang sangat besar. Terdiri dari seribuan suku bangsa dan etnis yang mendiami ratusan pulau di dalam satu wilayah. Tentu saja bangsa sebesar Indonesia mempunyai sejarah peradaban yang sangat panjang. Dahulu kala sebelum negara ini berdiri, wilayah nusantara diperintah oleh Raja-Raja yang berkuasa mulai dari Samudra Pasai di ujung Barat hingga kerajaan Amahei di Indonesia Timur sana. Tidak sedikit peninggalan kerajaan tersebut. Beberapa masih bisa saksikan bangunan ataupun barang-barang sisa kejayaan leluhur kita yang pernah berkuasa di tanah yang luar biasa subur ini. Salah satunya ialah yang paling spektakuler di Indonesia bahkan dunia. Apalagi kalau bukan Candi Borobudur. Yup, hari ini admin akan membahas tentang candi yang karena kemegahannya masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia ini.

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Hindu Buddha terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Para peziarah masuk melalui sisi timur memulai ritual di dasar candi dengan berjalan melingkari bangunan suci ini searah jarum jam, sambil terus naik ke undakan berikutnya melalui tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha. Ketiga tingkatan itu adalah Kāmadhātu (ranah hawa nafsu), Rupadhatu (ranah berwujud), dan Arupadhatu (ranah tak berwujud). Dalam perjalanannya ini peziarah berjalan melalui serangkaian lorong dan tangga dengan menyaksikan tak kurang dari 1.460 panel relief indah yang terukir pada dinding dan pagar langkan.

Mau lihat langsung candi Borobudur, langsung saja nih sob.
View Borobudur Temple at indonesiavirtual.com

Menurut kamus bahasa Indonesia, candi itu adalah sebutan untuk bangunan keagamaan purbakala. Dan kerap dipakai untuk menyebut objek / tempat ritual yang berkaitan dengan agama Hindu ataupun Buddha. Sedangkan nama Borobudur sendiri tidak diketahui pasti asal usulnya. Thomas Rafles lah yang pertama menulis Borobudur di dalam bukunya "Sejarah Pulau Jawa". Disitu Rafles menulis ada sebuah monumen bernama Borobudur yang diambil dari kata Bore, sebuah desa dekat dengan candi tersebut. Sedangkan Budur ialah berarti purba dalam bahasa Jawa. Tidak ada dokumen lain yang ditemukan yang lebih tua daripada tulisan Rafles itu.  Satu-satunya naskah kuno yang memberi petunjuk tentang banguna suci umat Buddha yang berkaitan dengan Borobudur ialah Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365.

Banyak teori yang berusaha menjelaskan nama candi ini. Salah satunya menyatakan bahwa nama ini kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara, yaitu artinya "gunung" (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras. Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata borobudur berasal dari ucapan "para Buddha" yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata "bara" dan "beduhur". Kata bara konon berasal dari kata vihara, sementara ada pula penjelasan lain di mana bara berasal dari bahasa yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya ialah "tinggi", atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang berarti "di atas". Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yang berada di tanah tinggi.


Selain Borobudur, terdapat beberapa candi Buddha dan Hindu di kawasan ini. Pada masa penemuan dan pemugaran di awal abad ke-20 ditemukan candi Buddha lainnya yaitu Candi Mendut dan Candi Pawon yang terbujur membentang dalam satu garis lurus.  Awalnya diduga hanya suatu kebetulan, akan tetapi berdasarkan dongeng penduduk setempat, dulu terdapat jalan berlapis batu yang dipagari pagar langkan di kedua sisinya yang menghubungkan ketiga candi ini. Tidak ditemukan bukti fisik adanya jalan raya beralas batu dan berpagar dan mungkin ini hanya dongeng belaka, akan tetapi para pakar menduga memang ada kesatuan perlambang dari ketiga candi ini. Ketiga candi ini (Borobudur-Pawon-Mendut) memiliki kemiripan langgam arsitektur dan ragam hiasnya dan memang berasal dari periode yang sama yang memperkuat dugaan adanya keterkaitan ritual antar ketiga candi ini. Keterkaitan suci pasti ada, akan tetapi bagaimanakah proses ritual keagamaan ziarah dilakukan, belum diketahui secara pasti.

Tidak ditemukan bukti tertulis yang menjelaskan siapakah yang membangun Borobudur dan apa kegunaannya. Waktu pembangunannya diperkirakan berdasarkan perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang lazim digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Diperkirakan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi. Kurun waktu ini sesuai dengan kurun antara 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang kala itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75 - 100 tahun lebih dan benar-benar dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Para ahli arkeologi menduga bahwa rancangan awal Borobudur adalah stupa tunggal yang sangat besar memahkotai puncaknya. Diduga massa stupa raksasa yang luar biasa besar dan berat ini membahayakan tubuh dan kaki candi sehingga arsitek perancang Borobudur memutuskan untuk membongkar stupa raksasa ini dan diganti menjadi tiga barisan stupa kecil dan satu stupa induk seperti sekarang. Berikut adalah perkiraan tahapan pembangunan Borobudur:

Tahap pertama: Masa pembangunan Borobudur tidak diketahui pasti (diperkirakan kurun 750 dan 850 M). Borobudur dibangun di atas bukit alami, bagian atas bukit diratakan dan pelataran datar diperluas. Sesungguhnya Borobudur tidak seluruhnya terbuat dari batu andesit, bagian bukit tanah dipadatkan dan ditutup struktur batu sehingga menyerupai cangkang yang membungkus bukit tanah. Sisa bagian bukit ditutup struktur batu lapis demi lapis. Pada awalnya dibangun tata susun bertingkat. Sepertinya dirancang sebagai piramida berundak, tetapi kemudian diubah. Sebagai bukti ada tata susun yang dibongkar. Dibangun tiga undakan pertama yang menutup struktur asli piramida berundak.

Tahap kedua: Penambahan dua undakan persegi, pagar langkan dan satu undak melingkar yang diatasnya langsung dibangun stupa tunggal yang sangat besar.

Tahap ketiga: Terjadi perubahan rancang bangun, undak atas lingkaran dengan stupa tunggal induk besar dibongkar dan diganti tiga undak lingkaran. Stupa-stupa yang lebih kecil dibangun berbaris melingkar pada pelataran undak-undak ini dengan satu stupa induk yang besar di tengahnya. Karena alasan tertentu pondasi diperlebar, dibangun kaki tambahan yang membungkus kaki asli sekaligus menutup relief Karmawibhangga. Para arkeolog menduga bahwa Borobudur semula dirancang berupa stupa tunggal yang sangat besar memahkotai batur-batur teras bujur sangkar. Akan tetapi stupa besar ini terlalu berat sehingga mendorong struktur bangunan condong bergeser keluar. Patut diingat bahwa inti Borobudur hanyalah bukit tanah sehingga tekanan pada bagian atas akan disebarkan ke sisi luar bagian bawahnya sehingga Borobudur terancam longsor dan runtuh. Karena itulah diputuskan untuk membongkar stupa induk tunggal yang besar dan menggantikannya dengan teras-teras melingkar yang dihiasi deretan stupa kecil berterawang dan hanya satu stupa induk. Untuk menopang agar dinding candi tidak longsor maka ditambahkan struktur kaki tambahan yang membungkus kaki asli. Struktur ini adalah penguat dan berfungsi bagaikan ikat pinggang yang mengikat agar tubuh candi tidak ambrol dan runtuh keluar, sekaligus menyembunyikan relief Karmawibhangga pada bagian Kamadhatu.

Tahap keempat: Ada perubahan kecil seperti penyempurnaan relief, penambahan pagar langkan terluar, perubahan tangga dan pelengkung atas gawang pintu, serta pelebaran ujung kaki.

Walaupun sempat tersembunyi dan terlantar selama berabad-abad terkubur dibawah lapisan tanah dan debu vulkanik hingga ditumbuhi semak belukar, namun sejatinya monumen ini tidak pernah dilupakan. Tidak ada lasan yang jelas memang yang menyebutkan mengapa Borobudur ditinggalkan. Mungkin karena dongeng rakyat yang menceritakan Borobudur sebagai tempat  mistis penuh tahayul yang berkaitan erat dengan kesialan, kemalangan dan nasib buruk. Karena dalam kepercayaan pada masa Mataram Islam disebutkan Borobudur dan runtuhan bangunan candi sebagai tempat angker dimana mahluk halus bersemayam.

Baru setelah perang Inggris dan Belanda dalam memperebutkan Jawa, Borobudur mulai diperhatikan kembali oleh seorang Gubernur Jendral yang memiliki minat terhadap sejarah tanah Jawa, yaitu Thomas Stamford Raffles. Raffles dianggap berjasa karena telah menemukan kembali monumen yang telah lama hilang, sehingga menjadi perhatian dunia. Kemudian pemerintah Hindia Belanda mengirimkan beberapa ahlinya untuk meneliti candi Borobudur ini. Foto pertama monumen ini diambil pertama kali oleh ahli engrafi Belanda bernama Isidore van Kisbergen pada tahun 1873. Dan dalam waktu singkat penghargaan tumbuh untuk candi ini. Namun justru karena itu, candi Borobudur malah menjadi sumber cinderamata bagi pencuri, penjarah candi dan juga kolektor barang antik. Dan kepala arca ialah menjadi benda yang paling sering dicuri. Itulah alasan mengapa sekarang kita melihat kepala dari arca terpenggal dari patung badannya.

Beberapa pemugaran pun dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda antara lain pada tahun 1907 dan 1911. Kemudian dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia setelah merdeka, namun tidak mampu mengembalikan secara utuh candi Borobudur. Hingga tahun 1960-an pemerintah Indonesia meminta bantuan kepada masyarakat internasional untuk melakukan pemugaran besar-besaran demi melindungi salah satu keajaiban dunia tersebut. Proyek mahabesar untuk pemugaran Borobudur pun akhirnya dilakukan dengan mengahbiskan total biaya sebesar 6.901.243 dollar AS dan melibatkan 600 orang pekerja. Dan UNESCO memasukan Borobudur ke dalam daftar situs warisan dunia pada tahun 1991.

Setelah pemugaran besar-besaran pada 1973 yang didukung oleh UNESCO, Borobudur kembali menjadi pusat keagamaan dan ziarah agama Buddha. Sekali setahun pada saat bulan purnama sekitar bulan Mei atau Juni, umat Buddha di Indonesia memperingati hari suci Waisak, hari yang memperingati kelahiran, wafat, dan terutama peristiwa pencerahan Siddhartha Gautama yang mencapai tingkat kebijaksanaan tertinggi menjadi Buddha Shakyamuni. Waisak adalah hari libur nasional di Indonesia dan upacara peringatan dipusatkan di tiga candi Buddha utama dengan ritual berjalan dari Candi Mendut menuju Candi Pawon dan prosesi berakhir di Candi Borobudur.

Pada 28 Agustus 2006 simposium bertajuk Trail of Civilizations (jejak peradaban) digelar di Borobudur atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah dan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, juga hadir perwakilan UNESCO dan negara-negara mayoritas Buddha di Asia Tenggara, seperti Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Kamboja. Puncak acara ini adalah pagelaran sendratari kolosal "Mahakarya Borobudur" di depan Candi Borobudur. Tarian ini diciptakan dengan berdasarkan gaya tari tradisional Jawa, musik gamelan, dan busananya, menceritakan tentang sejarah pembangunan Borobudur. Setelah simposium ini, sendratari Mahakarya Borobudur kembali dipergelarkan beberapa kali, khususnya menjelang peringatan Waisak yang biasanya turut dihadiri Presiden Republik Indonesia.

Dan kemudian sekali lagi UNESCO memberi bantuan 3 juta dollar AS untuk merehabilitasi Borobudur yang terkena dampak dari letusan Gunung Merapi pada Oktober dan November 2010. Debu vulkanik dari Merapi menutupi kompleks candi yang berjarak 28km (17 mil) arah barat-baratdaya dari kawah Merapi. Lapisan debu vulkanik mencapai ketebalan 25cm (10 inci)menutupi bangunan candi kala letusan 3–5 November 2010, debu juga mematikan tanaman di sekitar, dan para ahli mengkhawatirkan debu vulkanik yang secara kimia bersifat asam dapat merusak batuan bangunan bersejarah ini. Kompleks candi ditutup 5 sampai 9 November 2010 untuk membersihkan luruhan debu. Membersihkan candi dari endapan debu vulkanik akan menghabiskan waktu sedikitnya 6 bulan, disusul penghijauan kembali dan penanaman pohon di lingkungan sekitar untuk menstabilkan suhu, dan terakhir menghidupkan kembali kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat setempat. Lebih dari 55.000 blok batu candi harus dibongkar untuk memperbaiki sistem tata air dan drainase yang tersumbat adonan debu vulkanik bercampur air hujan. Restorasi berakhir November 2011, lebih awal dari perkiraan semula.

Sekian info tentang candi Borobudur yang bisa admin share kali ini. Semoga menjadi info dan tambahan pengetahuan untuk kita semua selaku pewaris dari ribuan situs sejarah beserta budaya luhur yang telah dipelihara oleh nenek moyang kita selama ratusan tahun. 


Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Borobudur

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment