Tips Solo Traveling



Siapa sih yang gak suka traveling?? walaupun gak semua orang mengaku traveler, tapi semua orang pasti suka liburan, mengunjungi tempat wisata, atau sekedar berjalan-jalan ke tempat menarik yang belum pernah dikunjungi.
Traveling atau liburan biasa kita lakukan dengan keluarga ataupun bersama kawan-kawan untuk mendapatkan suasana yang ramai dan menyenangkan karena bisa berbagi momen atau sekedar memberikan tanggapan tentang suatu tempat dengan orang terdekat kita. Namun adakalanya kita membutuhkan susana tenang dan ruang untuk diri sendiri dalam menikmati perjalanan.

Banyak orang yang ragu untuk melakukan solo traveling karena berbagai macam alasan. Biasanya adalah karena gak berani pergi jauh sendirian, takut "garing", mati gaya, atau gak punya teman untuk dimintain foto ditempat-tempat wisata eksotis.

Tapi kamu tahu gak sobs, solo traveling itu juga memberikan banyak manfaat lho. Misalnya memberikan diri kita waktu untuk berpikir/kontemplasi tentang hal apa saja yang kita lakukan selama ini, dan juga bisa menambah teman dan kenalan karena dengan bepergian sendiri kita menjadi sedikit "terpaksa" bersosialisasi dengan warga sekitar tempat wisata ataupun dengan sesama traveler.
Nah, buat kamu yang sudah punya rencana solo traveling, nih admin kasih beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar solo traveling kamu tetap seru, menyenangkan dan so pasti safety.

1. Mulailah hunting tiket tujuan wisata yang kamu kehendaki. Jika kamu tipe orang yang suka keteraturan dan "strict to the plan", ada baiknya juga kamu membooking sekalian tiket perjalanan pulang. Jangan lupa juga browsing segala maskapai penerbangan untuk mendapatkan harga yang paling cocok menurut kantongmu.

2. Siapkan segala macam berkas seperti pasport, visa, kartu identitas dan jangan lupa melakukan vaksinasi jika kamu mau mengunjungi negara spesifik yang memerlukan vaksinasi sebagai syarat masuk.

3. Khusus untuk kamu traveler yang "taat jadwal", susun itenerary sebaik dan seefisien mungkin.  Cari hotel yang dekat dengan pusat aktifitasmu. Siapkan peta dan pelajari segala potensi wisata di tempat tujuan. Jangan sampai ada waktu yang terbuang hanya karena kamu gak tahu akan pergi kemana. Lain soal jika kamu traveler "laid back" yang lebih mementingkan kenyamanan dan tidak suka diburu jadwal. Nikmati selama mungkin destinasi yang kamu tuju.

4. Siapkan perlengkapan pribadi, i mean yang sangat sangat pribadi sekalipun. Ingat kamu akan pergi ke suatu tempat yang mungkin sangat asing dan mempunyai budaya yang 180 derajat berbeda dengan tempat kamu berasal. Membeli celana dalam akan sangat sulit ketika kamu berada di pedalaman Kalimantan. Atau kamu pasti akan susah menemukan alat alat sholat (bagi muslim) di pemukiman masyarakat Baduy. Jadi, pastikan obat-obatan, peralatan ibadah, pakaian dalam, dan juga baju yang cocok sesuai dengan musim, kultur budaya lokasi tujuan wisatamu.

5. Bawa barang-barang pengusir sepi diperjalanan seperti music player, gadget, buku, ataupun game console.

6. Karena kamu bepergian sendiri, pastikan kamu membawa tongsis, tripod dan sejenisnya untuk mengantisipasi jika tidak ada seorangpun yang rela kamu mintai bantuan.

7. Kuasai bahasa tujuan wisatamu. Memakai bahasa stempat membuatmu keliahatan lebih friendly dimata penduduk lokal. Kamu kemungkinan juga akan mendapat harga murah bila berbelanja dengan bahasa setempat. Jika bepergian keluar negeri usahakan kamu minimal menguasai inggris "tarzan" (bahasa inggris campur bahasa isyarat) yang kadang lebih dimengerti daripada inggris proper yang mungkin lebih sulit dimengerti oleh orang Kazakstan misalnya.

8. Jangan malu bertanya jika tersesat atau meminta bantuan penduduk lokal. Dengan cara yang sopan tentunya. Berbaur dengan penduduk suatu kota yang kamu singgahi memberikan kamu peluang untuk mendapat teman, keluarga, pacar, bahkan istri baru. In this crazy world,anything can happen.

9. Jangan lupa untuk selalu memberi kabar pada orang dirumah/keluarga tentang posisi, tujuan dan juga kesehatanmu. Kamu kan solo traveling sobs, bukan kabur dari rumah.

10. Yang terakhir, siapkan selalu uang cash instead of segala macem kartu kartu didompet mu. Karena tanpa uang, 9 tips diatas menjadi seperti begadang, yang tiada artinya.

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment