4 Lokasi Tahun Baru yang Anti Mainstream

Tahun baru. Mendengar dua kata itu apa yang ada di pikiran kamu sobat?? Keriaan, kembang api, ramai,bising, terompet, party, dan mungkin masih banyak lagi. Ya memang kata-kata tersebut barusan yang cocok untuk mengasosiasikan moment pergantian tahun yang kerap kita peringati itu. Namun, apakah kamu merasa bahwa semakin tahun berganti ritus perayaannya hanya itu-itu saja dan cenderung monoton?? Jika iya, maka artinya kamu sepakat dengan saya yang sudah jenuh dengan "keramaian".

Kemudian timbul lah pertanyaan, "lantas kita mau taun baruan dimana dong??". Pertanyaan yang bagus sobat. Karena jika kamu mau melakukan pengamatan yang lebih jeli, sedikit usaha dan dana yang memadai maka kamu akan mendapatkan lokasi untuk merayakan pergantian tahun yang relatif tidak terlalu ramai, atau bahkan sepi.

Berikut adalah 4 lokasi wisata untuk merayakan tahun baru yang anti-mainstream :

1. Pulau Pieh, Pariaman Padang
Secara geografis Pulau Pieh berada pada posisi 100005’71” S dengan jarak dari daratan Kabupaten Padang Pariaman ± 17 mil, dengan luas ± 4,5 Ha.. Secara administrasi Pemerintahan Pulau Pieh dan Perairan Sekitarnya ini termasuk ke dalam Kabupaten Padang Pariaman dengan batas-batas kawasan sebagai berikut :
•Sebelah Utara Perbatasan dengan Samudera Indonesia.
•Sebelah Selatan dengan Samudera Indonesia.
•Sebelah Barat dengan samudera Indonesia dan
•Sebelah Timur dengan daratan Sumatera.

Untuk mencapai Pulau Pieh kamu bisa menumpang speedboat dengan waktu kurang lebih 50 menit dari Padang Pariaman. Di pulau seluas 10,7 hektar ini dijamin kamu gak akan menemukan keramaian sobs. Karena pulau Pieh ini memang bukan pulau berpenghuni. Disini hanya ada gazebo dan rumah jaga untuk memantau keamanan pulau. Untuk sobat traveler yang mau menginap boleh mendirikan tenda atau bisa memanfaatkan fasilitas rumah jaga untuk bermalam. Soal kebersihan kamu gak perlu khawatir sobs, karena Pulau Pieh sudah difasilitasi MCK yang memadai dan juga air bersih.
Habiskan pergantian tahun dengan membuat api unggun sambil bakar ikan di pinggir pantai dengan orang-orang terdekat kamu sobs. Saat matahari pertama terbit di tahun yang baru kamu dapat menyaksikan panorama indah Pulau yang dijadikan tempat bagi penyu untuk meletakkan telur-telurnya ini. Saya jamin, "taun baruan" kamu yang satu ini bisa jadi momen yang tiadak akan pernah terlupakan.


2. Gili Nanggu, Lombok
Satu lagi destinasi buat kamu yang suka menyepi dan hanya mendengar deburan ombak daripada keriuhan terompet dan histeria pergantian tahun. Gili Nanggu di Pulau Lombok memberikan sensasi pantai pribadi yang cocok untuk kamu yang ingin liburan tahun baru tanpa hingar bingar dan kembang api.

Untuk mencapai Gili Nanggu kamu dapat menyewa boat dari Pelabuhan Lembar dengan tarif 350 ribu rupiah dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tidak ada angkutan kapal (umum) yang menuju Gili Nanggu karena pulau tersebut merupakan pulau milik pribadi.

Gili Nanggu merupakan salah satu pulau yang ada di sisi barat Pulau Lombok. Pulau dengan luas 12,5 hektar ini dikelola dengan konsep forest/virgin island jadi bisa dipastikan Gili Nanggu memiliki keindahan alami yang masih jarang diketahui wisatawan. Tersedia cottage dan bungalow berdesign rumah adat suku Sasak sebagai fasilitas penginapan. Fasilitas umum seperti air,MCK dan pondok pondok kecil untuk bersantai juga cukup memadai. Gili Nanggu merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan malam tahun baru dengan pasangan untuk mendapatkan suasana pantai yang tenang dan romantis. Menghabiskan hari dengan snorkling bersama pasangan maupun kerabat terdekat merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengawali hari baru di tahun 2016.


3. Bukit Sikunir, Dieng
Untuk kamu yang masih senang keramaian namun jauh dari kesan "pencakar langit", kamu boleh mencoba menghabiskan malam pergantian tahun di bukit Sikunir ini sobs. Tempat wisata yang belakangan mulai populer di kalangan traveler "newbie" ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang sungguh mempesona.  Dari bukit ini, kamu bisa memandang tujuh puncak gunung, yakni Sindoro, Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, Ungaran, dan Prau di kawasan Dieng. Dari puncak Sikunir, ketika pandangan mengarah ke barat terlihat Telaga Cebong yang bersebelahan dengan perkampungan Sembungan. Di sekitar Bukit Sikunir selain Telaga Cebong juga ada empat telaga lain, yakni Asat atau Wurung, Gunung Kendil, dan dua Telaga Pakuwujo.

Untuk mencapai  bukit Sikunir ini kamu harus menempuh perjalanan darat dengan kereta ataupun bus AKAP sampai kota Wonosobo. Kemudian perjalanan disambung dengan bus menuju dataran tinggi Dieng. Cahaya pagi Sikunir bisa dinikmati ketika jarum jam menunjuk ke angka 03.30 WIB. Kamu setidaknya harus sudah memulai perjalanan dari kawasan sekitar Candi Dieng pada pukul 03.00-04.00 WIB untuk mendapatkan cahaya pagi yang bagus.

Biasanya saat menjelang matahari terbit, suhu bisa mencapai di bawah 10 derajat Celsius. Jadi persiapkan baju hangat atau sweater yang banyak yah sobs. Jadikan momen tahun baru kamu dan teman-temanmu lebih berkesan dengan melihat matahari pertama bulan Januari 2016 dari ketinggian 2.263 meter diatas permukaan laut.


4. Kawah biru Ijen, Banyuwangi
Kawah Ijen Banyuwangi terkenal dengan fenomena api biru yang hanya ada di Indonesia dan Islandia. Jadi, tempat wisata yang berada pada ketinggian 2.443 mdpl ini merupakan spot yang cocok dan sudah tentu berbeda dari lokasi tahun baru yang biasa. Api bisa dilihat semenjak matahari tenggelam sampai kembali terbit, oleh karena itu Kawah biru Ijen ini tepat sekali dipilih menjadi lokasi pergantian tahun. Namun sebenarnya fakta tentang api biru sendiri sudah ditemukan jawabannya. Ini adalah fenomena alam yaitu ketika gas yang keluar dari tanah bertemu dengan oksigen. Hal itulah yang membuat api berwarna biru seperti kompor gas.

Untuk menuju Kawah Ijen terdapat dua jalur utama yaitu dari arah Banyuwangi dan Bondowoso. Rute perjalanan dari Banyuwangi : Kota Banyuwangi-Licin-Pal Tuding-Ijen.
Perjalanan menuju kawah Ijen cukup berat sehingga disarankan untuk memulai pendakian sejak pukul 9 malam, karena Api biru terlihat jelas pada waktu tengah malam menjelang pagi. Tepat sekali jika kamu melakukan hitung mundur pergantian tahun sambil menikmati keindahan api biru kawah Ijen yang cukup langka di dunia ini.



Gimana sobs?? Menarik kan pilihan tahun baru kamu kali ini. Semoga bisa menjadi pilihan alternatif lokasi liburan kamu. Selamat berwisata dan selamat Tahun Baru 2016.

Unknown

A portal website containing a virtual 360 photo from the work of photographers throughout Indonesia. This website aims to showcase the natural beauty, tourism potential and diversity of Indonesian Art and Culture through the technology of virtual 360 photography. We bring Indonesia mission to bring beauty to be admired by everyone. www.indonesiavirtual.com also serves as a highly informative tourism directory visually. With the technology of virtual 360 photography, you will see a tourist destination in detail and interactive way. This technology provides an unique visual experience in comparison with text, photos, or videos that previously existed. For tourism related business such as hotels, cafes, entertainment venues, and so on www.indonesiavirtual.com is an image bank of virtual 360 photo that can be used to enrich the visual content on their official website. Where they can embed the file from www.indonesiavirtual.com and display the content into their website.

No comments:

Post a Comment